1.MAP Sensor, Map sensor terletak di rumah filter
udara, memiliki tiga kabel yang berfungsi untuk mendeteksi kevacuuman pada
intake manifol atau camber.
2. TPS atau Throttle Position Sensor, TPS atau Sensor Posisi Throttle terletak
di throttle body atau katup gas, berfungsi untuk mengetahui berapa persen katup
gas (throttle valve) dibuka atau seberapa lebar katup gas terbuka saat pedal
gas diinjak.
3. CKP Sensor, CKP sensor atau CrankShaft Posision Sensor terletak di bagian
depan mesin bagian bawah untuk mendeteksi posisi TOP silinder.
4. Camshaft Sensor, Camshaft sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi camshaft.
5. ISC atau Idle Speed Control Valve, ISC termasuk aktuator, sesuai dengan
namanya ISC valve adalah sparepart atau komponen yang berfungsi untuk mengatur
putaran mesin saat idel atau stationer.
6. IAT (Intake Air Temperatur) atau Sensor temperatur udara masuk, sensor
temperatur udara masuk berada di filter udara yang berfungsi untuk mendeteksi
berapa derajat celsius suhu udara yang masuk di ruang filter udara sebelum ke
mesin.
7. ECT atau Engine coolant Temperature, ECT atau sensor temperatur cairan
pendingin mesin yang bertugas untuk memberi sinyal untuk menghidupkan kipas
radiator saat mesin sudah panas.
8. Sensor Knock, berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin.
Knock sensor terbuat dari piezo electric element yang menghasilkan tegangan
saat piezo electric element-nya berubah bentuk, hal ini terjadi pada saat block
silinder vibrasi yang disebabkan karena terjadinya knocking.
9. Vacuum Switching Valve (EVAP) atau VSV, VSV bukanlah sensor tetapi aktuator,
fungsi katup vsv (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin dari tanki
melalui charcoal canister, uap bensin dari tanki tersebut akan ikut terbakar
didalam mesin. Katup vsv biasanya bekerja setelah kondisi mesin sudah panas.
10. Oxygen Sensor, O2 sensor adalah sensor gas buang, sensor oksigen berfungsi
untuk mendeteksi oksigen didalam gas buang hasil pembakaran mesin, oksigen
sensor terletak di knalpot atau exhaus manifold. Silakan lihat sistem kerja
atau cara kerja oksigen sensor.
11. OCV atau Oil Control Valve, OCV termasuk aktuator yang berfungsi untuk
mengatur oli mesin yang masuk ke VVT-i.
12. Injektor Bahan Bakar adalah aktuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau
mengabutkan bensin ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar.
13. Pompa Bensin atau pompa bahan bakar, dimana letak atau posisi pompa bensin
Pada mobil injeksi pada umumnya, letak atau posisi pompa bensin berada didalam
tangki. berfungsi untuk menaikan tekanan bahan bakar sebelum dikabutkan oleh
injektor.
*Sumber : Group Facebook Dzeko