Tekanan kompresi mesin yang normal untuk setiap mobil bervariasi.
Untuk keadaan normal berkisar antara 125 psi s/d 175 psi.
Melalui uji tekanan kompresi pada mesin, bisa membantu kita untuk mengetahui kondisi silinder apakah terjadi kerusakan atau tidak.
Bila beda kompresi dari seluruh silinder lebih dari 25% dari keadaan normal maka itu pertanda piston / silinder memerlukan perbaikan.
Berikut ini beberapa keadaan kondisi tekanan kompresi pada saat langkah kompresi yang bisa Anda ketahui :
- Tekanan kompresi susah naik menunjukkan keadaan katup / klep yang tidak menutup. Untuk itu katup / klep perlu disetel ulang.
- Tekanan kompresi 20 psi di bawah normal menunjukkan piston ring atau dudukan katup bocor.
- Perbedaan tekanan antara dua silinder yang berdekatan lebih dari 20 psi menunjukkan kebocoran pada kepala silinder.
- Tekanan kompresi 20 psi di atas normal menunjukkan adanya kerak karbon pada ruang bakar dan perlu dibersihkan.
- Tekanan kompresi naik dibanding sebelumnya menunjukkan adanya kerusakan pada piston / silinder. Ring piston patah tertekan dalam celah ring.
Note : 1 psi = 0.0703 kg/cm2
1 kg/cm2 = 14.225 psi
*Sumber : Facebook Group Dzeko